banner 728x250
Atlet  

Pelatih Taekwondo Solo Memfokuskan Prestasi Anak untuk Porprov 2023 karena Pengurus Kota Belum Dikukuhkan

Taekwondo
banner 120x600
banner 468x60

SOLO, MettaNEWS – Meskipun belum ada pelantikan kepengurusan kota cabang olahraga Taekwondo, para pelatih tetap fokus pada pembimbingan anak didik. Terlebih untuk menghadapi agenda besar pada laga Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), Agustus nanti.

banner 325x300

Para pelatih dengan matang mempersiapan atket-atlet Taekwondo dari berbagai dojang yang akan bertanding pada Porprov nanti . atlet tersebut berasal dari dojang Power Sport, Dragon PMS, Kogoryo Manahan dan HHH. Tempat latihan atlet tersebut bergiliran antar dojang.

Pelatih Dragon Taekwondo PMS, Adya Tri Nugroho atau Adit menjelaskan para pelatih mulai meningkatkan program latihan untuk atletnya.

“Dalam dua bulan ini sebelum Porprov aka nada try out. Kami sudah kontak Pelatda Jogja untuk tanggal 17 Juni kita try out. Yang lainnya kita masih cari sparingnya,” ujar dit di Dojang Dragon Taekwondo PMS saat melatih atlet Porprov,  Kamis (8/6/2023).

Adit menyebut dari Solo total ada 22 atlet yang maju untuk 18 nomor pertandingan. Adit menjelaskan para atlet ini belum masuk pada program latihan Teknik.

atlet belum masuk pada program latihan teknik dan strategi full. Kemarin kan sempat libur panjang karena dojang-dojang harus tutup dan sementara jadi berhenti latihan. Jadi ini kita kejar latihan fisiknya dulu. Ya bisa dibilang persiapan atletatlet ini sudah 70 persen,” tandas Adit.

atlet Taekwondo berlatih jelamg Porprov 2023 | MettaNEWS / Puspita

Meskipun KONI Surakarta belum mengukuhkan Pengurus Kota (Pengkot) Taekwondo hal ini tidak menghambat pembinaan prestasi untuk para atlet.
Pemilik Dojang Power Sport sekaligus pelatih, Munif menambahkan anak didik Taekwondo tetap harus berlatih meski kepengurusan belum terlantik.

“Kami tidak berpikir soal Pengkot yang masih belum terlantik kepengurusannya. Kami tetap fokus di bidang prestasi dan kepelatihan. Fokus ke prestasi anak-anak, tentunya bawa nama Solo ya. Masalah kepengurusan seperti apa kami kesampingkan dulu. Tujuan kita adalah Kota Solo melahirkan atlet Taekwondo berprestasi,” tegas Munif pada kesempatan yang sama.

Masalah rekomendasi lanjut Munif tidak menghambat Taekwondo Solo untuk berlaga pada Porprov Agustus nanti.

“Kami sudah berdiskusi dengan Ketua Umum KONI Surakarta, Pak Lilik. Untuk rekomendasi sudah ACC dari Ketum KONI Surakarta. Jadi istilahnya yang punya kerja KONI Surakarta, support penuh untuk memberangkatkan atlet Taekwondo ke Porprov 2023,” tandasnya.

Latihan semakin intens dengan dekatnya jadwal pertandingan | MettaNEWS / Puspita

Untuk peta kekuatan yang berkaitan dengan target perolehan medali, Munif menyebut untuk masing-masing kabupaten kota saat ini sudah mulai merata kekuatannya.

“Target pasti seminimal mungkin lebih baik dari sebelumnya. Kalau sebelumnya 3 medali emas target kami tahun ini 4 medali emas. Kami yakin dan optimistis dengan kekuatan atlet Solo, jadi semoga target bisa tercapai,” ungkapnya.

Meskipun tidak ada kendala dalam proses bimbingan prestasi pelatihan ini, Munif menyebut para pelatih terus menguatkan dan mengambalikan kepercayaan diri anak didik. Kendala yang muncul malah pada peralatan Protector Screening System (PSS) yang terbatas.

“Terutama PSS untuk sensor. Karena pertandingan sekarang semua pakai sensor. Jadi anak-anak bisa mengacu lebih jeli untuk masuk tembakannya, sasarannya. Poin nya tepat sasaran, harus benar-benar latihan membiasakan itu. Sementara ini kendalanya pada alat. Kita sudah punya tapi kurang lengkap. Ini kendala selaligus PR kita,” ujarnya.

Pelatih fokus program bina prestasi atlet | MettaNEWS / Puspita

Dengan pengurus kota yang belum terbentuk dan keterbatasan alat, Munif menegaskan para pelatih tetap fokus pada program pelatihan atlet.

“Yang pasti intinya kami pelatih-pelatih fokus untuk prestasi anak-anak. Walau pengurus belum terlantik kita fokus pada anak-anak. Target besar adalah Agustus. Gas terus kita geber dulu anak-anak Latihan,” tegasnya.

Sementara itu, melalui pesan WA, Ketua Umum KONI Surakarta Lilik Kusnandar menegaskan, atlet Taekwondo Solo tetap maju dalam Porprov Agustus 2023 nanti.
“Perbakin juga belum ada (Pengkotnya belum dilantik), Porprov kan KONI yang punya kerja. Jadi tidak ada hambatan, kita support terus Taekwondo Solo,” pungkas Lilik.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *